Kerangka Proposal Penilaian Tindakan Kelas
(PTK)
1. Tulislah PTK yang diusulkan !
” MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA BELAJAR AUDIO VISUAL PADA TEMA POTENSI INDONESIA DALAM PERGAULAN ANTAR NEGARA DI SMP PAWYATAN DAHA 2 KELAS VIII A”
2. Deskripsikan masalah yang dihadapi ?
- Perhatian siswa terhadap pembelajaran sangat pasif, kurang memperhatikan dan mudah bosan.
- Prestasi belajar siswa pada tema Potensi Indonesia Dalam Pergaulan Antar Negara, hasil belajarnya belum memuaskan
- Selama ini pembelajaran pada tema Potensi Indonesia Dalam Pergaulan Antar Negara masih menggunakan ceramah dengan kinestetik.
3. Deskripsikan cara pemecahan masalah yang diajukan?
Penggunakan media pembelajaran AUDIO VISUAL sebagai alternatif untuk meningkatkan peran aktif siswa
4. Rumuskan hasil yang diharapkan dari PTK ?
Apakah melalui penggunaan media pembelajaran AUDIO VISUAL siswa lebih aktif mengikuti pembelajaran tema Potensi Indonesia Dalam Pergaulan Antar Negara dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP PAWYATAN DAHA 2 kelas VIII A ?
5. Kemukakan prosedur penelitian yang dilakukan ?
1) Perencanaan
- Guru peneliti mengajak sesama guru IPS dalam satu sekolah untuk menjadi
pengamat.
- Guru peneliti membuat instrumen pelaksanaan pembelajaran ( Silabus, RPP dan
instrumen observer ).
- Guru peneliti dan guru pengamat mengajak bersama-sama mendiskusikan
pelaksanaan pembelajaran
2) Pelaksanaan
Siklus I :
a. Perencanaan
-Identifikasi masalah dan penetapan alternative pemecahan masalah.
-Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam proses belajar mengajar.
-Menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
-Memilih bahan pelajaran yang sesuai
-Menentukan skenario pembelajaran yang dilaksanakan.
-Mempersiapkan sumber, bahan, dan alat bantu yang dibutuhkan.
-Menyusun lembar kerja siswa
-Mengembangkan format evaluasi
-Mengembangkan format observasi pembelajaran.
b. Pelaksanaan / Tindakan
- Guru mempersiapkan film-film dan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
- Guru memutarkan dan menampilkan film dan slide yang ditayangkan melalui LCD.
- Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan / menganalisa film dan slide tersebut..
- Melalui diskusi kelompok 2 – 3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa film dan slide tersebut dicatat pada kertas..
- Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
- Mulai dari komentar / hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai..
c. Observasi / Pengamatan
Melakukan observasi dengan memakai format observasi yang sudah disiapkan yaitu dengan catatan-catatan tertulis, alat perekam, catatan anekdot untuk mengumpulkan data. Menilai hasil tindakan dengan menggunakan format yang telah disediakan.
d. Refleksi
- Melakukan evaluasi tindakan yang telah dilakukan meliputi evaluasi mutu, jumlah dan waktu dari setiap macam tindakan.
- Melakukan pertemuan untuk membahas hasil evalusi tentang skenario pembelajaran dan lembar kerja siswa.
- Memperbaiki pelaksanaan tindakan sesuai hasil evaluasi, untuk digunakan pada siklus berikutnya.
- Kesimpulan
Siklus II : Melaksanakan indikator yang belum tercapai pada siklus I.
3) Pengamatan
Pengamatan dilakukan oleh 2 orang guru IPS di SMP Pawyatan Daha 2 Kediri dengan mencatat beberapa temuan kekurangan dan kelebihannya pada proses pembelajaran berlangsung.
4) Refleksi
Setiap selesai melakukan satu siklus beberapa temuan yang ada, baik kelebihan maupun kekurangan direfleksikan pada siklus berikutnya.
• Lokasi Penelitian
Di SMP Pawyatan Daha 2 Kelas VIII A dengan jumlah siswa 36 siswa.
• Metode Penelitian
Kooperatif terpadu
• Instrumen Penelitian
a. Silabus, RPP dann LKS
Mengetahui : Kediri, 27 JULI 2009
Kepala Sekolah, Guru Mata pelajaran,
Hj. ARNAWATI,S.Pd. DANANG PRIHATMAJA,S.Pd.
Pembina Tk. I NIK. 240 201 79
NIP. 19510412 198303 2 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar